Minggu, 26 Oktober 2008

Profil Caleg Dapil Jawa Tengah

PROFIL CALEG DAPIL JAWA TENGAH

Latar Belakang

Tanggal 9 April 2009, akan dilakukan pemilu untuk memilih para wakil rakyat Jawa Tengah di DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Propinsi, DPR dan DPD. Oleh sebab itu, sejak dini para calon legislatif (caleg) harus memperkenalkan diri, misi dan visinya di tengah-tengah masyarakat. Ada pemeo, jika tak kenal maka tak sayang, yang juga berlaku untuk para caleg dalam pemilu 2009. Namun untuk menjadi wakil rakyat yang baik, modal wajah dan kepopuleran saja tidaklah cukup.

Idealnya, wakil rakyat yang terpilih adalah pribadi - pribadi yang memperjuangkan aspirasi rakyat (konstituen) dan yang benar - benar pro rakyat. Untuk menjadi wakil rakyat yang baik dan benar itu, popularitas tidak menjadi jaminan. Indonesia memerlukan wakil rakyat, yang tidak hanya bertampang populer, tetapi jauh lebih penting adalah pemimpin yang berkarakter. Empat hal pertama dan terutama yang menjadi karakteristik pemimpin yang dikagumi di dunia politik adalah jujur, punya visi jauh ke depan, mampu memberi inspirasi masyarakat dan kompeten, yaitu mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Diantaranya wakil rakyat harus mampu untuk memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan rakyat.

Pribadi yang pro rakyat yang memiliki kejujuran, visi kerakyatan, inspirator rakyat, dan berkemampuan menjalankan fungsi legislasi-budgeting-controlling dan berorientasi kerakyatan adalah caleg yang kita harapkan untuk terpilih di Pemilu Legislatif nanti.
Maka penerbitan blog ini, akan memuat profil para caleg tersebut, sebagai salah-satu rujukan yang positif bagi pendidikan politik publik.

Hal ini perlu, karena salah-satu pemilih terbesar adalah pemilih mengambang, yakni para pemilih yang tidak tercukupi wawasan dan pengetahuan politiknya, terkait parpol dan para caleg. Dari pemilih mengambang ini, maka pemilih pemula adalah yang terbesar jumlahnya (diperkirakan mencapai 30 % hingga 40 % dari seluruh jumlah pemilih). Dalam blog ini akan dimuat profil caleg pemilu 2009, baik caleg DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi, DPR dan DPD. Diharapkan dengan lebih dikenal oleh masyarakat, para caleg akan mempunyai peluang lebih banyak untuk terpilih sebagai wakil rakyat.

Rencana Isi
1. Analisa Politik Menjelang Pemilu 2009
2. Profil Caleg DPRD Kabupaten/Kota di Jawa Tengah
3. Profil Caleg DPRD Propinsi Jawa Tengah
4. Profil Caleg DPR Dapil Jawa Tengah
5. Profil Caleg DPD dari Jawa Tengah
6. Daftar Caleg DPRD, DPR dan DPD di Jawa Tengah

Tim Penyunting
Penerbit : Patriot
Editor: Teguh Argari Bisono, S.Pt
Kantor: Jl. Pucang Gede 14/10 Perumnas Pucang Gading , Semarang, telp. (024) 76726181, 08156525025, fax (024) 6721875, e-mail: argaribisono@yahoo.com.

Tidak ada komentar: